EDUKASI COPYWRITING

Panduan lengkap belajar copywriting dari Pemula sampai Mahir

Zulfadhli Ashari

Sebelum belajar silakan berdoa & share ke social media sekarang!

October 19, 2019

Anda tidak dapat memaksa orang lain untuk membeli produk Anda - Anda hanya bisa menarik minat mereka untuk membelinya. -David Ogilvy

BAB 1: Pengenalan tentang Copywriting

Apakah Anda baru dalam copywriting? Apakah Anda tidak sepenuhnya yakin apa sebenarnya copywriting itu? Jangan khawatir. Ini adalah bab yang sempurna untuk Anda mulai.

Sederhananya, copywriting adalah menulis konten yang menjual — apakah itu ide, produk, atau layanan — dan yang membujuk pembaca untuk mengambil tindakan (misalnya, iklan, blog, situs web, email, brosur, dll.). Dibutuhkan pengetahuan dan keterampilan khusus yang tidak dimiliki setiap penulis, tetapi itu bisa dipelajari — yang akan Anda pelajari lebih lanjut di bab-bab selanjutnya.

Pada akhir bab ini, Anda akan memiliki gagasan yang lebih baik tentang apa itu copywriting, berbagai jenis copywriting yang ada, dan apa yang diharapkan jika Anda memutuskan untuk melanjutkannya.

Berikut adalah beberapa sumber pemula yang bagus untuk membantu Anda memulai:

Daftar isi copywriting:

Mengapa Anda butuh Copywriting?

Copywriting sangat penting dan merupakan komponen utama dalam bisnis, bahkan menjadi senjata utama untuk meningkatkan penjualan di era digital saat ini.

Seperti halnya Desain grafis, UI/UX, Tools, SEO, Social Media Advertising. Komponen-komponen tersebut saling melengkapi satu sama lain serta berfungsi sebagai salah satu pelengkap pemasaran yang berguna untuk meningkatkan pertumbuhan website atau bisnis Anda. Copywriting juga merupakan salah satu faktor untuk meningkatkan konversi penjualan Anda.

Copywriting Juga memungkinkan Anda untuk mengkonversi lebih banyak pembaca menjadi pembeli dan pelanggan yang loyal. Saya ingin memberikan panduan copywriting ini khusus untuk Anda agar bisa memberikan pengetahuan yang baik serta untuk menambah keuntungan bisnis online Anda. Maka dari itu, baca dan pahami sampai bab terakhir.

Untuk Siapa Panduan Copywriting ini?

Panduan Copywriting ini untuk mereka para pengusaha, founders, sales & marketers, freelancer, bloggers, affiliater, pemilik toko online atau siapapun yang ingin menjual di online dan membutuhkan tulisan atau kata-kata atau penawaran yang dapat menciptakan konversi penjualan yang tinggi.

Apa itu Copywriting?

Copywriting adalah seni dan ilmu menulis kata-kata yang digunakan khususnya pada halaman web, iklan, materi promosi, broadcast email/layanan chatting, media sosical, banner, spanduk, banner. Copywriting berfungsi untuk mempromosikan produk atau jasa Anda serta meyakinkan calon pelanggan untuk mengambil tindakan dan menjadi pelanggan yang loyal.

Bagaimana Copywriting Yang bagus?

Tidak ada copywriting yang benar-benar bagus, semuanya butuh di tes satu persatu. Copywriting terbaik adalah copywriting yang membuat pelanggan/pengunjung tertarik dengan produk yang Anda tawarkan dan pastinya akan membuat Anda mendapatkan keuntungan yang banyak dari penjualan tersebut.

Namun istilah Copy adalah sebuah teks untuk ditempatkan di brosur, pamflet, landing pages, direct email dan Copywriters adalah istilah untuk mereka yang mengerti tentang penulisan copywriting yg baik.

Copywriting quotes imedukasi

Copywriting quotes imedukasi

Semua pebisnis online atau perusahaan atau individu dan siapapun yang sudah terjun di dunia online, sangat perlu mempelajari dan memahami copywriting. Banyak contoh studi kasus yang mengatakan bahwa copywriting dapat menaikan penjualan sampai berkali lipat serta dapat digunakan di media offline dan online, contohnya sbb :

  • - Konten di Social media
  • - Landing page atau Sales Page
  • - Email Marketing
  • - Iklan Online (Google adwords, youtube ads, facebook ads, twitter ads. linkedin ads)
  • - Koran, majalah, panduk, banner
  • - Dan masih banyak lagi

Prinsipnya, ketika kita memasarkan produk dalam media apapun, penggunaan copywriting, elemen desain serta pola yang terstruktur, merupakan hal yang penting.

Panduan Elemen landing page copywriting

Panduan Elemen landing page copywriting

Mari kita bahas Elemen Copywriting dari Media Landing Pages

Gambar dibawah ini adalah salah satu elemen standar dalam landing page/sales pages. Bagi yang belum tahu, landing pages adalah halaman/pages pada website untuk menawarkan sebuah produk atau jasa.
Di dalam landing pages, kita perlu memanfaatkan elemen copywriting, salah satunya adalah gambar dibawah ini. Yuk lanjut baca pembahasannya satu persatu.

Elemen landing page copywriting

Elemen landing page copywriting

Headline : Dalam bahasa Indonesia headline adalah Judul, dan headline faktor paling terpenting dari copywriting, Anda harus menarik dan meyakinkan pembaca Anda dengan 3 detik pertama ketika pembaca melihat dari headline Anda.

Sub headline : Tidak kalah penting dari Headline, sub headine adalah sub judul untuk menambahkan keyakinan pada pembaca Anda terkadang sub headine untuk menjelaskan headline sebelumnya.

Image : Yaitu Gambar yang menarik dan relevan bagi produk dan target market Anda, terkadang Anda harus tes apakah menggunakan Gambar vektor/ilustrasi atau gambar Orang misalkan sedang senyum, banyak juga penelitian split testing tentang merubah gambar bisa memperbesar konversi penjualan.

Copy : Nah disini bisa Anda sisipkan cerita/story atau pengalaman dari produk jasa Anda, bisa juga memainkan kata-kata yang menarik bagi target market Anda.

Product Offer : Disini kamu harus menjelaskan sejelas-jelasnya produk Anda ke customer Anda, bisa dengan Benefit atau feature, puaskan Logika customer Anda, hingga tidak banyak bertanya.

Call to Action : yaitu kata-kata untuk ajakan melakukan tindakan, dari kasus ini misalkan "Ayo beli sekarang, pesan sekarang, buy now, tinggal 100 pcs lagi" Namun call to action bisa juga berupa ajakan misalkan di subscribe atau berlangganan newsletter ataupun subscribe youtube, follow social media, dst

Testimoni : yaitu komentar posifit dari customer Anda yg pernah menggunakan produk/jasa Anda dengan memberikan komentar positif, testimoni ini sangat berpengaruh pada tingkat konversi pada produk/jasa kita. Yang penting jangan testimoni terlalu berlebihan atau dibuat-buat sendiri.

FAQ (tanya jawab) : Nah ini juga penting, FAQ adalah Frequently ask questioni yaitu daftar pertanyaan dari produk/jasa Anda, sesuatu yang kemungkinan Akan ditanyakan customer Anda, di tulis di FAQ gunanya agar customer Anda lebih cepat mengerti dan tidak banyak tanya, dikarenakan jika banyak bertanya misalkan jualan melalui media chatting tingkat konversi menjadi lama. Dengan FAQ pembeli menjadi jelas dan langsung beli tanpa banyak bertanya.

Copywriting ini sebagai senjata terdepan Anda untuk menawarkan produk dalam satu tempat dimana terdapat target market Anda, misalkan di Social Media atau di website yang sudah dioptimasi mesin pencari. Copywriting juga dianggap seperti Sales Promotion Girl (SPG), bedanya jika SPG menarik melalui penampilan serta komunkasinya, copywriting menarik melalui kata-kata atau penawarannya.

Namun Anda harus ingat, untuk menyempurnakan copywriting, Anda harus memiliki beberapa faktor-faktor penting untuk bisa meningkatkan penjualan, seperti desain yang bagus (user interface), pemahaman produk, kualitas produk dan penawaran yang baik, serta faktor lainnya.

Setiap orang bisa mempelajari ilmu copywriting ini, salah satu caranya adalah Anda harus mempelajari teknik-teknik ilmu copywriting yang ada di website imedukasi ini dan juga sumber lain dari para pakar periklanan. Salah satu caranya adalah:

• Nyontek aja: Iya benar, Anda jika bingung membuat copywriting seperti judul bahkan isinya, Anda bisa menyonteknya copywriting orang lain, tapi jangan sampai sama persis ya, Anda hanya butuh mengambil contoh dan inspirasi dari mereka, karena tidak ada hal yang original di dunia ini, semua berawal dari beberapa sumber.

Mengerti Produk: Bagaimana Anda bisa membuat copywriting jika Anda tidak mengerti produk/jasa yang Anda tawarkan?! Masuk akal? Nah bagi copywriters atau pebisnis online, perlu banget untuk menuliskan dengan detail produk knowledge Anda dengan mengamati, memahami, mendetailkan dan memaparkan.

• Riset: Riset target market Anda, pastikan tulisan copywriting Anda sesuai dan dimengerti customer Anda. Riset juga bagaimana perilaku mereka, misalkan apa sih kesukaannya, gajinya berapa, bahkan hobinya apa.

• Split testing: Kita sering menghabiskan berjam-jam atau berhari-hari untuk mencoba mendapatkan teknik-teknik yang terbaik. Terkadang copywriting untuk produk B, belum tentu cocok dengan produk A, maka dari itu harus melakukan split testing atau melakukan pengujian pada beberapa copywriting.

• Praktek gila-gilaan: Semua orang mengerti bahwa tidak ada sesuatu yang gagal, tapi memang belum berhasil saja. Maka, salah satu cara membuat copywriting Anda berhasil adalah Anda harus mencoba setiap copywriting yang tepat ke target market yang tepat juga.

Dari tulisan di atas sudah dijelaskan bahwa perlu menambahkan beberapa elemen untuk menyempurnakan copywriting yang Anda buat.

Untuk memahami lebih lanjut, silakan baca bab selanjutnya!

Jika Merasa Website ini bermanfaat, Silakan di Share dengan senang hati

Silakan berkomentar friends :

Copyright @ 2017 All Right Reserved - imedukasi.com