EDUKASI COPYWRITING

Panduan lengkap belajar copywriting dari Pemula sampai Mahir

Zulfadhli Ashari

Sebelum belajar silakan berdoa & share ke social media sekarang!

Advertising is the art of persuasion  -William Bernbach

BAB 5: Copywriting yang Persuasif

-Apakah Anda pernah di tolak ketika menawarkan sesuatu?
-Apakah Anda pernah mengalami iklan Anda tidak ada yang respon?
-Apakah status fanpage Anda sering di abaikan?

Jika iya, tulisan ini memang sangat cocok untuk Anda!

Dan jangan Frustasi!

Karena semua para pebisnis online maupun marketers pasti pernah merasakan hal pahit ini, dan percayalah ini menjadi pelajaran yang sangat berarti. Bukankah guru paling hebat adalah pengalaman?

Tapi harus di ketahui bahwa customer tidak percaya lagi dengan IKLAN. Namun tidak semua iklan, Anda harus lebih kreatif dan inovatif dalam membuat iklan.

Menurut Nielsen’s Global Trust in Advertising report yang mensurvei lebih dari 28.000 responden internet di 56 negara, 92 persen konsumen di seluruh dunia, bahwa mereka lebih mempercayai rekomendasi teman atau keluarga (word of mouth)

sumber gambar nielsen.com

Jika penjualan Anda ingin Laris manis, jangan belajar hanya ilmu penjualan saja, Anda juga perlu ilmu psikologi penjualan salah satunya ilmu Persuasi.

Dengan memanfaatkan ilmu PSIKOLOGI, Anda juga harus mengenal consumer behavior (perilaku) agar lebih mudah menawarkan produk atau jasa Anda.

Nah, disini saya ingin memberitahukan ilmu yang sangat penting dalam meningkatkan konversi penjualan dengan copywriting yaitu ilmu persuasif. Biasanya ilmu ini dibahas di pelajaran psikologi, komunikasi atau juga NLP (Neuro linguistik programming)

Pengalaman saya ketika menjual produk melalui website dengan memanfaatkan halaman penjualan (sales page), lalu saya sebar ke social media, seminggu kemudian, ada 350 visitor, namun 0 sales.

Lalu apa yg salah?
Pastinya banyak faktor-faktor kenapa tidak ada penjualan.

Dasarnya Persuasi adalah ilmu psikologi dan komunikasi yang bertujuan untuk mengubah atau memengaruhi kepercayaan, sikap, dan perilaku seseorang sehingga bertindak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh penjual.

Yang dari awalnya tidak mau, jadi mau, butuh menjadi sangat butuh, tidak tertarik, malah ikut-ikutan jualin.. ini disebut persuasif.

Bener-bener mempengaruhi dan menggerakan manusia, hingga mereka melakukan apa yang kita perintahkan.. eiitss tapi bukan untuk kejahatan, penipuan dsb nya .. awass lho..

Banyak juga yang beranggapan copywriting atau ilmu persuasi hanya untuk tujuan periklanan. Padahal banyak sekali media yang bisa digunakan untuk mempersuasi calon audience kita.

Contoh, saat Anda menulis posting di blog, email, social media, itu Anda bisa manfaatkan kata-kata persuasi didalamnya.

Copywriting quotes imedukasi

Sebenernya kita tidak bisa membaca pikiran calon pelanggan kita, tapi kita bisa mempengaruhi dan memasukain psikologi ke dalam Tulisan yang menggunakan unsur Pleasure/Internal motivasi, rasa takut dan rasa sakit. Dan pada dasarnya sifat alamiah manusia adalah mencari kenikmatan dan menghindari kesengsaraan/rasa takut.

Oke, saya sekarang kita lihat contohnya ya :

Masih ingat iklan Mastin extrak kulit manggis?

Dengan tagline Mastin .... Goooood!
Lalu dibalut dengan jingle yg simpel dan mudah di ingat, lalu ditampilkan di TV berkali-kali bahkan selalu menjadi sponsor acara dengan rating yang tinggi.

Iklan itu benar-benar masuk ke kepala, karena diputar diulang-ulang, dan kita sampai hafal? benar? ada yg sama? hehe

Iklan tersebut tujuannya adalah memang meningkatkan Brand Awareness (kesadaran merek), setelah nempel di ingatan dengan brand tersebut beserta khasiatnya.. Lalu ia mulai menawarkan produknya di acara-acara show dan benar-benar membuat kita persuasif, didorong untuk membeli.

Akhirnya saya membeli di apotik terdekat, dan hanya diminum beberapa saja, karena memang sadar tidak sadar kita dipengaruhi oleh iklan yang berulang-ulang dan persuasif.

Lalu kalau di online?

Saya sering menggunakan teknik ini "A.I.D.A" teknik simpel copywriting yang sangat persuasif.

Nanti saya jelaskan di bab selanjutnya ...

6 Hukum Persuasi Dr. Robert Cialdini

6 Hukum Persuasi Dr. Robert Cialdini

Source image : influenceatwork.com

Seorang Ahli Psikologi dan seorang Profesor dari Universitas Arizona yaitu Dr. Robert Cialdini pernah mengenalkan tentang 6 Hukum Persuasi yang sangat fenomenal dan terkenal.

Dr Robert Cialdini Mengembangkan hukum persuasi tersebut lebih dari 25 tahun, dan meneliti bagaimana efeknya terhadap manusia, dan berikut adalah 6 Hukum Persuasi Dr. Robert Cialdini :

1. Hukum Timbal Balik (Reciprocity)
2. Hukum kelangkaan (Scarcity)
3. Hukum Otoritas (Authority)
4. Hukum Komitmen dan Konsisten (Consistency)
5. Hukum Kesukaan (Liking)
6. Hukum kesepakatan (Consensus)

Baca disini : 6 Hukum Persuasi Dr. Robert Cialdini

Jika Merasa Website ini bermanfaat, Silakan di Share dengan senang hati

Silakan berkomentar friends :

Copyright @ 2017 All Right Reserved - imedukasi.com